Pelatihan Produksi Gula Palma Kementerian Perindustrian | Kabar Dari Desa | Desa Gelaranyar -->

ads

Pelatihan Produksi Gula Palma Kementerian Perindustrian

Untuk peningkatan kualitas dan kuantitas gula semut organik ( Organic Coconut Sugar ), Kementerian Perindustrian mengadakan pelatihan produksi dan GMP di pengrajin gula semut organik anggota  ICS Agroberdikari yang tergabung dalam kelompok Nira Sumber Rejeki Desa Wonoharjo dan Kelompok Nira Budi Rahayu Desa Giyanti Kecamatan Rowokele.  Kegiatan yang diadakan dihotel Candisari dari tanggal 3 sampai 6 September 2019 ini di buka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, Widiatmoko, SH. MH.

Proses pembinaan yg difasilitasi Perhimpunan Setara Purwokerto dilakukan dengan metode partisipatif & model pendekatan Pembelajaran Orang Dewasa (POD), menjadikan suasana belajar lebih hidup. Dimana dalam contoh ini peserta diberikan fakta baru dengan diintegrasikan menggunakan pengalaman keseharian yg biasa dilakukan. Karakteristik petani gula kelapa yang sibuk berkutat menggunakan pekerjaan dan urusan rumah tangga memang mengakibatkan pentingnya model pelatihan yg disesuaikan dengan latar belakang peserta. Sehingga maksud dan tujuan pelatihan bisa tercapai.

Hari ke 2, Materi GMP difasilitasi oleh Astin Atsna K, SP. MP. Berdasarkan CV Hugo Inovasi. GMP (Good Manufactoring Product) adalah kondisi dasar untuk menjamin kuliner agar layak dan aman dikomsumsi.

Dalam kesempatan ini, Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan peralatan untuk membuat gula semut kepada peserta.  Terdiri dari wajan untuk masak nira, pongkor foodgrade, loyang dan peralatan lainnya. Bantuan tersebut bagian dari standarisasi peralatan untuk mendukung pengrajin supaya memproduksi gula organik dan berkualitas.