KKN Desa Gula Semut | Kabar Dari Desa | Desa Gelaranyar -->

ads

KKN Desa Gula Semut

Desa Wonodadi merupakan salah satu desa sentra gula kelapa di kabupaten Kebumen yang terletak di pegunungan karst Gombong Selatan dimana termasuk dalam wilayah Geopark Karangsambung Karangbolong. Dengan kondisi lahan yang berbukit bukit dan tanah yang dibeberapa tempat terdapat bongkahan batu karang  ternyata malah cukup baik untuk tumbuhnya tanaman kelapa. Di desa ini sudah banyak petani yang membuat gula semut. Namun diwilayah atas masih banyak yang belum mengenal gula semut.

Saat ini Agroberdikari, Pemerintah Desa dan Kecamatan Buayan sedang bersama sama mengembangkan gula semut organik diwilayah Desa Wonodadi  sebelah atas. Pada bulan Juli - Agustus, ikut menguatkan program, hadir teman teman mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Berbagai kegiatan dilakukan bersama KKN, yaitu sosialisasi program gula semut organik, pelatihan dan praktek membuat gula semut, workshop dan pendampingan dan kunjungan ke petani gula kelapa.

Workshop tentang pemberdayaan masyarakat mengundang narasumber Bambang Hariyanto, SE berdasarkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kebumen & Manager Agroberdikari. Dalam sambutannya, Isnaedi, selaku Camat Kecamatan Buayan, membicarakan bahwa diversifikasi produk berdasarkan gula cetak ke gula semut dibutuhkan dapat menaikkan perekonomian masyarakat pengrajin gula. Setelah workshop terselesaikan, Beliau beserta Kepala Desa Wanadadi melakukan kunjungan ke beberapa petani yang sudah mulai memproduksi gula semut.

Pelatihan dan praktek membuat gula semut organic dipandu oleh tim ICS Agroberdikari & pengurus BUMDES Margo Mulyo dengan dihadiri oleh Kepala Desa Wonodadi.

Kehadirin sahabat sahabat KKN ini memang cukup memotivasi warga untuk mengenal dan memproduksi gula semut organic. Waktu KKN yg singkat lebih kurang dua bulan, setidaknya menjadi media belajar bersama buat lebih mengenal dan memahami potensi asal daya pada daerah Desa Wonodadi.