Membangun Kemiteraan Agroberdikari dan BUMDes | Kabar Dari Desa | Desa Gelaranyar -->

ads

Membangun Kemiteraan Agroberdikari dan BUMDes

Banyak desa pada Indonesia yang mempuyai sumberdaya alam yg melimpah. Namun belum semuanya dapat dikembangkan. Ide & gagasan dibutuhkan buat pengembangan bisnis desa melalui BUMDes. Misalnya bidang pertanian, kuliner, perdagangan, jasa & juga wisata yg ketika ini sedang booming.Dengan adanya BUMDes dibutuhkan desa dapat membentuk bisnis menurut potensinya tersebut & meningkatkan perekonomian rakyat.

Berbicara mengenai potensi gula semut pada Kebumen, Kabupaten ini adalah salah satu wilayah pada Jawa Tengah produsen gula semut. Misalnya saja pada Desa Wonodadi, sekitar 800 an orang ketua keluarga bermata pencaharian menjadi penderes kelapa. Namun, flora kelapa & produk gula kelapanya belum dikelola secara maksimal . Misalnya saja, menggunakan tehnik budidaya yg indah, produksi nira akan dapat semakin tinggi. Dengan diversifikasi produk dari gula cetak ke gula semut juga akan ada kenaikan nilai tambah bagi petani. Hal ini merupakan peluang bagi BUMDes buat menjalin kerjasama dengan petani berbisnis gula semut. Kemiteraan tadi diperkuat disisi pasar sang CV. Agroberdikari. Harapannya, dengan kemiteraan 3 pihak & pembagian kiprah yg saling menguatkan, Petani, BUMDes & Agroberdikari industri gula semut akan semakin bertenaga & berkelanjutan.

Dalam pengembangan gula semut di Kebumen, Agroberdikari melakukan kemiteraan dengan beberapa BUMDes di yaitu BUMDes Berdikari Desa Sempor Kec Sempor, BUMDes Maju Mandiri Desa Giyanti Kec Rowokele dan BUMDes MargoMulyo Desa Wonodadi kec Buayan. Selain pembelian produk gula semut, Agroberdikari juga melakukan pendampingan managemen kelembagaannya.  Kerjasama ini melalui beberapa tahapan, untuk tahun pertama di penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas SDM pengelola BUMDes dalam hal pengembangan gula semut organik. Tahap selanjutnya BUMDes menjalankan pendampingan di petani dan prosessing.

Diharapkan apabila pengelolaan bisnis gula semut berjalan menggunakan baik, maka dapat membantu menaikkan perekonomian rakyat. Petani yg membuat gula semut menerima tambahan penghasilan menurut meningkatnya harga produk. Prosessing gula semut juga bisa menyerap energi kerja sebagai akibatnya warga yg tadinya tidak produktif akan terbantu dengan adanya usaha ini. Masyarakat sanggup bekerja dan menerima penghasilan tetap. Tentunya perekonomian desa menjadi lebih bertenaga.

Foto dokumentasi: Pertemuan Tim Agroberdikari dan BUMDes MargoMulyo Desa Wonodadi