Manfaat Gula Semut | Kabar Dari Desa | Desa Gelaranyar -->

ads

Manfaat Gula Semut

Gula Semut merupakan pemanis alami dari nira pohon kelapa. Tanaman kelapa banyak tumbuh subur di Kabupaten Kebumen. Di beberapa wilayah, sebagian petani bermata pencaharian dari menyadap  nira sebagai bahan membuat gula kelapa.

Gula semut sebenarnya sama dengan gula merah/gula kelapa cetak, hanya bentuknya saja yang berbeda. Dinamakan gula semut karena bentuknya seperti sarang semut di tanah. Sebagian orang menyebut gua kristal atau Crystal Coconut Sugar karena berbentuk seperti butir butir kristal. Juga palm sugar karena terbuat dari nira kelapa yang termasuk dalam tumbuhan Palmae ( Palma). Ada juga yang menyebut Brown Sugar karena warnanya kecoklatan. Tetapi saat ini banyak gula tebu coklat yang diberi label Brown Sugar.

Pasar gula semut di beberapa negara maju terus meningkat seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan pangan sehat. Dengan  index glisemix dan kalori yang lebih rendah, gula semut menjadi pemanis yang lebih sehat dan aman dikomsumsi dibanding gula tebu. Beberapa orang juga mempercayai sebagai obat herbal. Selain itu juga mengandung mineral, vitamin dan nutrisi lain. Gula semut juga jauh lebih praktis untuk digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman.

Selain untuk pemanis minuman teh, kopi dan lainnya, gula semut juga dapat digunakan untuk pemanis makanan dan jajanan. misalnya saja jenang, gethuk, dodol, nopia, dawet dan lainnya. Dengan rasa dan aroma  karamel memberikan cita rasa yang khas pada makanan. Ada juga beberapa makanan dan minuman tradisional yang membutuhkan warna kecoklatan yang khas dari gula semut untuk menambah cantik tampilannya.