Jasa Membajak Sawah Dengan Kerbau Yang Nyaris Punah | Kabar Dari Desa | Desa Gelaranyar -->

ads

Jasa Membajak Sawah Dengan Kerbau Yang Nyaris Punah

Desagelaranyar.com, Jasa Membajak Sawah Dengan Kerbau Yang Nyaris Punah - Orang Indonesia sudah pasti tahu hewan yang bernama kerbau. Kerbau sering kita lihat jika musim panen sudah usai, kerbau dimanafaatkan untuk membajak sawah oleh para petani. Untuk orang yang tinggal di kota mungkin tidak pernah melihat kerbau secara langsung tapi untuk orang desa kerbau sudah melekat dipandangan orang-rang desa. Saat musim panen tiba dan petani kembali mulai menanam padi maka pembajakan sawah sudah mulai ramai terlihat.

Gambar Jasa Membajak Sawah Dengan Kerbau Yang Nyaris Punah


Masa kecil yang bahagia ketika musim panen tiba

Gambar Masa kecil yang bahagia ketika musim panen tiba
Petani Membajak Sawah Dengan Kerbau

Bermainnya anak-anak kota jelas sangat berbeda dengan anak-anak di desa (kampung) pada jaman sebelum tahun 2000 orang-orang menyebutnya tahun Milenium, tahun dimana teknologi sudah mulai berkembang. Saya tidak menegenal bagaimana Handphone itu berfungsi, cara maen game apalagi cara internetan, listrik saja belum masuk desa.

Pergi ke sawah dan kebun menjadi aktifitas sehari-hari bareng teman-teman, salahsatu paling menyenangkan adalah saat musim panen & pembajakan sawah datang. Bagaimana tidak, orang-orang sudah mulai sibuk hilir mudik ke sawah, rejeki melimpah, makan enak disawah. Para pemilik kerbaupun menjadi ikut senang.

Ganbar Petani

Anak masanya bermain, kerbau bajakpun jadi mainan, sesekali menunganginya. Masih sekolah dasar saya ikut turun ke sawah bareng pengemudi bajak untuk naik diatas garu (alat untuk meratakan hasil bajak) diiringi kawih sunda (lagu-lagu sunda).

Tapi itu dulu sebelum saya dewasa, kini jasa bajak sawah dengan kerbau sudah jarang terlihat, kerbaunyapun jarang terlihat. Tekhnologi sudah mulai masuk kedunia pertanian, cara membajak sawahpun sudah terbarukan menggunakan tekhnologi yang namanya ‘Motor Jepang’ (baca: Mesin traktor) begitulah orang-orang desaku menyebutnya.

Gambar Apakah petani lebih percaya membajak sawah dengan traktor dibanding kerbau?

Apakah petani lebih percaya membajak sawah dengan traktor dibanding kerbau?

Sejauh ini saya belum bisa menyimpulkan, tapi orang tua saya waktu membajak sawah menggunakan kerbau jauh lebih lambat dibanding dengan mesin bajak traktor. Dengan mesin bajak traktor bisa selesai 1 hari, dengan kerbau 2 hari kurang, secara biaya pembayarannya hampir sama.

Bagaimanapun juga mesin bajak traktor dirancang untuk mempermudah, mempercepat pekerjaan manusia. Tekhnologi sudah masuk desa, perkembangan dunia tekhnologi sudah masuk desa, internet sudah masuk desa, orang-orang desa sudah bisa komputer, tempat-tempat kursus komputer sudah terlihat diperkampungan.

Itulah sekilas tentang Jasa Membajak Sawah Dengan Kerbau Yang Nyaris Punah semoga dengan era globalisasi kita tidak lupa dengan budaya warisan leluhur nenek moyang kita.

Apa didesamu masih ada jasa bajak sawah dengan kerbau ? Berikan komentarmu dibawah ya..  :)